Kenapa Pencahayaan di Penambangan Menggunakan Light Tower?

tower lamp

Sektor pertambangan menjadi salah satu area pekerjaan yang hampir selalu memerlukan bantuan alat berat. Selain untuk penggalian dan pekerjaan lainnya, ada pula beberapa alat berat lain yang juga sangat penting perannya, dan salah satunya adalah light tower. Sesuai namanya, ini merupakan suatu tower atau tiang yang diperuntukkan untuk pencahayaan. Namun, tower lamp tersebut tidak sekedar tiang tinggi dengan lampu di atasnya saja. Ada hal istimewa yang membuatnya sangat cocok untuk area pertambangan.

Suatu light tower terdiri dari beberapa bagian. Lampu dan tiang adalah dua bagian utamanya. Namun, ada hal penting lainnya, yaitu generator sebagai penghasil sumber listrik untuk tower lamp tersebut. Teknologi hingga desain dari perangkat pencahayaan tersebut jelas memberikan banyak keuntungan. Pertama dan paling jelas adalah akses pencahayaan yang sangat mudah. Ketika area tambang menggunakan light tower, sudah tidak ada lagi kendala untuk mencari saluran listrik untuk pencahayaan. Tower lamp sudah dilengkapi dengan generator sendiri sehingga hanya perlu bahan bakar. Bahkan, ada pula yang sudah menggunakan sistem solar panel sehingga waktu siang hari digunakan untuk mengisi daya.

Sudah pasti, pekerjaan di tambang akan menjadi lebih efektif. Dengan bantuan dari tower lamp, pencahayaan di malam hari akan tetap memadai. Dengan begitu, detail yang ada di area pekerjaan akan tetap terlihat jelas sehingga proses pekerjaan tidak akan terhalang dan terkendala oleh kurangnya pencahayaan. Apalagi, lampu yang ada di light tower memiliki lumens yang tinggi dan bisa diatur dengan ketinggian tertentu sehingga akan lebih mudah untuk mengatur pencahayaan yang ada. Selain mengefektifkan pekerjaan di malam, hari, perangkat tersebut akan mencegah terjadinya kecelakaan atau risiko lainnya yang sering terjadi di malam hari.

Sudah pasti, biaya operasional akan bisa lebih murah. Walau memang harga  beli suatu light tower tidaklah murah, itu menjadi investasi. Pengerjaan di area tambang pun tak perlu repot menggunakan saluran listrik dari kota. Apalagi untuk tower lamp yang menggunakan solar panel, tentu biaya operasional akan bisa lebih rendah lagi. Lalu, portabilitas dan mobilitas pun sangat luar biasa karena bentuknya ringkas dengan tiang yang bisa dipendekkan. Roda juga tersedia sehingga akan memudahkan saat akan memindahkan unit penerangan ke tempat lain.