Selain Kapasitas Daya Listrik, Perhatikan Biaya-Biaya Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Genset Industri

Genset industri terbaik adalah sebuah generator set yang biasanya digunakan pada sebuah industri maupun perusahaan besar. Genset ini mempunyai peranan di dalam membuat perusahaan dan industri tetap bisa menjadi produktif di dalam membuat hasil produknya khususnya pada saat terjadi pemadaman listrik dari PLN.
Dalam penggunaan genset untuk industri, maka harus mempertimbangkan berapa jumlah daya yang dibutuhkan pada sebuah industri. Ini bisa digunakan untuk menentukan besarnya kapasitas pada genset industri yang akan digunakan. Selain itu, biaya juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait biaya saat menggunakan genset untuk industri, yaitu:
1. Biaya untuk operasional dan pemeliharaan genset
Saat menggunakan genset maka Anda juga perlu mengadakan berbagai macam hal untuk operasional maupun pemeliharaan. Semua biaya tersebut bersifat reguler yang mana bisa diprediksi berdasarkan pada jam kerja atau sering tidaknya digunakan mesin genset tersebut.
2. Biaya service pada genset
Ini bisa diperkirakan dengan patokan jam jalan pada mesin genset yang digunakan. Ini tentu saja sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan pada pabrik. Selain itu, biaya service pada genset yang tidak terduga juga perlu dipertimbangkan karena mengingat genset bakalan sering mengalami gangguan. Selain itu, Anda harus memperhatikan dalam pemilihan mesin serta generator yang unggulan. Ini akan membantu di dalam mengurangi kebutuhan service.
3. Biaya untuk spare part
Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan genset industri adalah biaya sparepart. Biaya ini merupakan sebuah biaya yang tidak terduga. Sparepart pada genset memang cukup mahal. Ini menjadi salah satu sebab mengapa hampir sebagian besar vendor genset memberikah garansi untuk sparepart pada pembelinya.
4. Biaya jika terjadi penyusutan
Biaya penyusutan menjadi salah satu biaya yang terkesan sepele namun sering dilupakan. Genset industri memang harus disusutkan selama kurang lebih 8 tahun. Setelah berusia 8 tahun genset kembali akan menjadi 0. Dengan begitu pada setiap tahunya Anda akan terkena biasa kurang lebih 1/8 dari nilai beli genset. Contohnya saja jika Anda membeli genset dengan harga 200 juta maka Anda akan terkena biaya penyusutan kurang lebih 25 juta.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *