Genset Rumah Tangga

Melihat tingginya kebutuhan tenaga listrik, tidak bisa dipungkiri jika generator set menjadi salah satu solusi sumber daya listrik cadangan. Tidak hanya untuk bangunan bisnis atau industri, bahkan Anda juga bisa membeli genset rumah tangga dengan daya yang sesuai. Untuk mempertahankan operasi handal dan aman, cek ulasan cara perawatan umum berikut.

Tips Perawatan Umum Yang Harus Anda Lakukan

Genset Rumah Tangga

Mesin Utama Generator

Sudah sangat pasti, jika hal yang perlu diperhatikan pertama kali adalah sektor mesin. Sebagai dapur pacu utama penggerak dan penyedia suplai listrik cadangan, Anda perlu cek beberapa hal. Yang paling utama adalah tekanan oli, level cairan, dan suhu radiator. Tidak ada salahnya untuk mengaktifkan genset secara berkala untuk menjaga kondisi mesin.

Pada umumnya, jika ada kesalahan atau kerusakan, maka akan muncul peringatan dini. Hal tersebut bisa Anda temukan baik dalam bentuk suara atau tampilan yang tidak wajar. Beberapa contohnya adalah, asap knalpot berlebihan, kegagalan pembakaran, penurunan kekuatan, dan lain sebagainya. Segera lakukan perbaikan jika masalah ditemukan.

Sistem Bahan Bakar Dan Aki

Genset rumah tangga baik apa pun jenisnya, pasti akan memiliki sistem aki dan bahan bakar. Baik Anda sering menggunakan atau tidak, lakukan pengecekan pada kedua sistem tersebut secara rutin. Terutama pada sistem bahan bakar. Pastikan dalam keadaan aktif, jalur pasokan, filter, selang, jalur balik, dan lainnya tidak bergesekan dengan komponen apapun.

Jika tampak retak, lecet, atau jalur berdekatan dengan peranti genset lain, ada baiknya segera diperbaiki. Anda bisa ganti dengan yang baru atau memodifikasi jalur bahan bakar. Begitu pula dengan terminal baterai starting Aki. Pastikan koneksinya kencang dan bersih, sehingga Anda bisa menghindari resistensi mesin dan pembakaran.

Sistem Kontrol

Untuk sistem kontrol sendiri, Anda harus membuka mata dengan segala data yang tampil dari peranti. Lakukan pemeriksaan secara teratur, sehingga Anda tahu kondisi pemanasan generator set yang tertulis pada log data. Selain itu, pastikan genset rumah tangga berada pada setting yang benar seperti pada posisi normal untuk sistem AUTO atau pemeliharaan untuk ATS.

Sistem Pembuangan Genset

Genset Rumah Tangga

Pembuangan adalah salah satu bagian yang tidak bisa dianggap remeh, terutama jika Anda menyimpan generator untuk rumah di dalam ruangan. Lazimnya, demi mengurangi kerusakan dan keracunan gas emisi, genset harus diletakkan di luar ruangan. Namun, jika Anda meletakkan di dalam bagasi atau ruang khusus maka perhatikan ventilasi dan kualitas udara.

Hal tersebut berkaitan dengan sistem pembuangan dan gas emisi. Pemeriksaan rutin harus dilakukan guna mengurangi kerusakan pada sistem ini. Anda bisa melakukan cek saat kondisi generator dalam keadaan aktif atau running. Dalam keadaan ini, cek seluruh bagian pembuangan mulai dari pipa knalpot, muffler, hingga bagian exhaust manifold.

Jika Anda menemukan bau yang menyengat, asap knalpot berlebihan, atau kebocoran, maka segera ganti dan perbaiki. Umumnya, kerusakan pada genset rumah tangga dapat Anda temukan pada bagian koneksi as, joint, dan gasket. Selain itu, cek suhu dari knalpot. Asap, panas, dan juga kebocoran bisa menjadi tanda bahwa mesin tidak berjalan normal dan kualitas udara akan terdampak.

Pada umumnya, bangunan industri atau kantor akan memiliki teknisi khusus yang akan melakukan perawatan. Namun, karena Anda menggunakan generator ini untuk di rumah, maka pastikan untuk melakukan cek secara berkala guna menghindari kerusakan dan kondisi berbahaya. Jika Anda butuh bantuan atau ingin beli produk original, kunjungi eragenset.com.

Tagged :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *