Penempatan Tangki Solar Untuk Genset

Orang-orang yang berkecimpung di dunia industry, terutama orang lapangan pastilah familiar dengan pemandangan tangki solar terbaik untuk genset yang mereka gunakan. Tentu genset yang digunakan itu berbahan bakar solar, karena jika bukan maka tidak akan ada tangki untuk solar di sana. Beberapa orang mungkin tidak begitu menghiraukan keberadaan tangki tersebut, karena menurut mereka tidak ada yang menarik dari benda tersebut.

Tetapi lain lagi bagi mereka yang cukup mudah penasaran terhadap banyak hal. Karena orang-orang seperti itu bisa cukup merasa penasaran terhadap hal-hal yang orang lain anggap biasa, contohnya seperti tangki tersebut. Biasanya hal yang cukup sering dipertanyakan adalah apakah ada ketentuan mengenai penempatan tangki yang harus diperhatikan, karena bagaimanapun tangki yang dimaksud berisi bahan bakar yang jelas berbahaya jika salah penempatan dan penanganan.

Dan ternyata memang benar, ada himbauan terkait penempatan tangki berisi solar yang sebaiknya diperhatikan siapa saja yang menggunakan tangki semacam itu untuk menyimpan bahan bakar untuk mesin diesel mereka.

Misalnya seperti himbauan yang pertama yang mengatakan bahwa tangki harian yang cukup dekat dengan genset maka sebaiknya level solarnya harus lebih rendah dibandingkan dengan injector genset, hal tersebut dikarenakan untuk menghindari terjadinya rembesan solar yang kerap terjadi pada injector menuju cylinder. Lain lagi jika kondisinya tidak memungkinkan sedangkan tangki solar harus dipasang dengan ketinggian yang lebih tinggi maka sebaiknya dipasang check valve supaya pada saat genset berhenti beroperasi tidak ada kebocoran.

Mengenai jaraknya sebaiknya disesuaikan dari head pump yang terdapat pada genset. Tetapi apabila kapasitas tangki berukuran menengah yaitu sekitar 8000 liter maka sebaiknya dipasang diluar power house.

Mengenai tebal dinding untuk ruangan genset juga akhirnya turut menjadi perhatian dengan adanya tangki bahan bakar solar tersebut. Walaupun sebenarnya ada atau tidak adanya dinding untuk di genset kaitannya lebih ke kebisingan yang dihasilkan genset, bukan secara langsung dengan si tangki. Jadi semakin berisik maka dindingnya sebaiknya semakin tebal guna meredam suaranya.

Mengenai penempatan tangki bahan bakar solar tersebut memang bisa dikatakan krusial namun bisa juga tidak karena berbagai alasan. Tetapi pada dasarnya di setiap tempat yang memanfaatkan genset, terdapat SOP tersendiri yang juga mengatur terkait penggunaan dan penempatan genset beserta tangkinya. Tinggal dijalankan saja SOP yang diberlakukan itu guna meminimalkan hal-hal yang tidak diharapkan.

Kembali pada soal tangki bahan bakar solar, pada dasarnya semua merek sama saja dan kualitas yang disajikan juga tidak banyak perbedaan. Sehingga rasanya tidak akan ada kesulitan dalam memilih mana tangki yang bagus untuk solar. Meskipun dikatakan bahwa beberapa tangki dibuat khusus untuk isinya, jadi misalnya tangki untuk solar memang sudah dibuat sedemikian rupa diisi solar di dalamnya, begitupun halnya dengan tangki air maupun tangki bensin.

Yang perlu lebih diperhatikan paling bagaimana ketika tangki untuk menyimpan solar itu telah difungsikan sebagaimana mestinya. Karena jangan sampai membiarkan tangki tersebut kosong yang ujungnya dapat merugikan genset nantinya.

Demikian infromasi mengenai tangki solar dan bagaimana sebaiknya memperlakukannya termasuk penempatan terhadap tangki tersebut. Meski tampak sepele tetapi sebaiknya jangan pernah menganggap remeh hal-hal kecil, karena pada dasarnya sesuatu yang kecil merupakan awal bagi sesuatu yang besar. Siapa tahu karena kurang tepat dan kurang bijak menempatkan genset, sehingga menimbulkan hal yang kurang menyenangkan.

Tagged : /

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *